Oleh:
Novy Eko Permono
A. Deskripsi Mata Pelajaran
Mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah
Tsanawiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang merupakan peningkatan dari
akidah dan akhlak yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah
Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari tentang rukun iman mulai dari
iman kepada Allah,
malaikat-malaikatNya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, sampai iman
kepada Qadla dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan
aqli, serta pemahaman dan penghayatan
terhadap al-Asma’ al-Husna dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda
perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta
pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan
sehari-hari.
Secara
substansial mata pelajaran Akidah-Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan
motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam
bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela
dalam kehidupan sehari-hari. Al-Akhlak al-karimah ini sangat penting untuk
dipraktikkan dan dibiasakan oleh peserta didik dalam kehidupan individu,
bermasyarakat dan berbangsa, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak
negatif dari era globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa
dan Negara Indonesia.
B.
Metode
Pembelajaran
Pembelajaran Aqidah Akhlak ini dilaksanakan dalam
bentuk ceramah dengan pendekatan active learning
menggunakan metode small group discussion. Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil (maksimal 5 murid). Kemudian guru
memberikan bahan diskusi (yang telah dipersiapkan sebelumnya) sesuai dengan
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam hal ini adalah iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya
seperti jin, iblis dan setan.
Pada
proses
pembelajaran ini guru menginstruksikan setiap kelompok untuk mendiskusikan
jawaban soal tersebut. Oleh karena itu diharapkan partisipasi aktif setiap anggota kelompok dalam
diskusi. Kemudian guru menginstruksikan
setiap kelompok melalui juru bicara yang ditunjuk menyajikan hasil diskusinya
dalam forum kelas. Dengan harapan akhir pada pembelajaran ini, siswa mampu
membangun pengetahuannya tentang ilmu Aqidah Akhlak.
C.
Evaluasi
1.
Keaktifan diskusi 15
%
2.
Ulangan Harian 25 %
3.
Ujian Akhir Semester 25 %
4. Tugas. Tugas ini dibagi dua:
a) Tugas kelompok (15
%)
b) Tugas mandiri (20
%).
v Adapun definisi tugas tersebut terdiri dari:
a)
Tugas kelompok: yaitu
mendiskusikan topik permasalahan dengan anggota kelompok kemudian menulisnya
dalam kertas folio
b)
Tugas Mandiri: yaitu setiap peserta didik menulis dalil naqli dan aqli
tentang materi tersebut.
D.
Topik Inti Pembelajaran
Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Aqidah Akhlak Kelas VII
Semester Genap
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
3.
4.
5.
|
Meyakini adanya
malaikat-malaikat Allah SWT.
Meyakini adanya
makhluk ghaib selain malaikat
Meneladani sifat
dan perilaku kehidupan sahabat
|
3.1
3.2
3.3
3.4
4.1
4.2
4.3
4.4
5.1
5.2
|
Menjelaskan
pengertian malaikat Allah SWT.
Menjelaskan
tugas-tugas dan sifat-sifat malaikat Allah SWT.
Menunjukkan dalil
naqli adanya malaikat Allah SWT.
Meneladani sifat
taat malaikat kepada Allah SWT.
Menjelaskan
pengertian alam jasmani dan alam rohani
Menunjukkan dalil
naqli tentang alam jasmani dan alam rohani
Menjelaskan
pengertian jin, iblis/setan
Menunjukkan dalil
naqli tentang jin, iblis/setan
Menunjukkan sifat
dan perilaku baik dari kehidupan sahabat Bilal bin Rabah dan Amar bin Yasir,
serta sahabat Umar bin Khattab.
Menjelaskan
nilai-nilai yang patut diteladani dari sabahat Bilal bin Rabah dan Amar bin
Yasir, serta sahabat Umar bin Khattab.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar