Peterpan - Semua Tentang Kita by Umar At-Tipari

Sabtu, 23 November 2013

Panduan Penyusunan Silabus Kurikulum 2013



PENGEMBANGAN SILABUS

1.      Pengertian
Silabus adalah Rencana Pembelajaran untuk satu mata pelajaran di kelas  atau satu tema tertentu yang terdiri atas beberapa materi pokok atau tema tertentu yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
2.      Fungsi Silabus
Silabus merupakan rancangan minimal pembelajaran yang dijadikan dasar bagi guru untuk mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan kondisi sekolah, peserta didik, dan masyarakat yang dilayani oleh suatu satuan pendidikan

3.      Landasan Pengembangan Silabus
Silabus dikembangkan dari Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk setiap mata pelajaran atau tema

4.      Format dan Komponen Silabus


Bila 1 (satu) Materi Pokok terdapat 1 (Satu) Kompetensi Dasar (KD) di Kompetensi Inti (KI) -3 yang linear dengan 1 KD di KI-4
SILABUS SMP/ MTs:………………………………………………….


Mata Pelajaran              : …………………………………………………………..
Kelas                            : …………
Kompetensi Inti
 KI 1: ...........................................................................................................
 KI 2 : ...........................................................................................................
 KI 3: ...........................................................................................................
 KI 4: ...........................................................................................................

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1. [sisipkan seluruh KD dari KI 1]





2. [sisipkan seluruh KD dari KI 2]
3.1     .................................
4.1    ..................................
JudulMateriPokok:
-          ……
-          ……..
Mengamati
·       ……………
·       ……………
Menanya
·       ……………
·       ……………
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
·       ……………
·       ……………
Mengasosiasikan
·       ……………
·       ……………
Mengomunikasikan
·       ……………
·       ……………
Tugas

Observasi

Portofolio

Tes
…. mgg X jp








SILABUS SMP/ MTs:………………………………………………….
Bila 1 (satu) Materi Pokok terdapat beberapa Kompetensi Dasar (KD) di Kompetensi Inti (KI) -3 yang linear dengan beberapa KD di KI-4
                                                                                                                                                                                          

Mata Pelajaran              : …………………………………………………………..
Kelas                            : …………
Kompetensi Inti
 KI 1: ...........................................................................................................
 KI 2 : ...........................................................................................................
 KI 3: ...........................................................................................................
 KI 4: ...........................................................................................................

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1. [sisipkan seluruh KD dari KI 1]





2. [sisipkan seluruh KD dari KI 2]
3.1     .................................
3.2    ..................................
dst
4.1    ..................................
4.2    ..................................
dst
JudulMateriPokok:
-          ……
-          ……..
Mengamati
·       ……………
·       ……………
Menanya
·       ……………
·       ……………
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
·       ……………
·       ……………
Mengasosiasikan
·       ……………
·       ……………
Mengomunikasikan
·       ……………
·       ……………
Tugas

Observasi

Portofolio

Tes
…. mgg X jp








Bila 1 (satu) Materi Pokok terdapat 1 (Satu) Kompetensi Dasar (KD) di Kompetensi Inti (KI) -3 yang linear dengan 1 KD di KI-4
SILABUS SMA/ MA:………………………………………………….


Mata Pelajaran              : …………………………………………………………..
Kelas                            : …………
Kompetensi Inti
 KI 1: ...........................................................................................................
 KI 2 : ...........................................................................................................
 KI 3: ...........................................................................................................
 KI 4: ...........................................................................................................

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1. [sisipkan seluruh KD dari KI 1]





2. [sisipkan seluruh KD dari KI 2]
3.1     .................................
4.1    ..................................
JudulMateriPokok:
-          ……
-          ……..
Mengamati
·       ……………
·       ……………
Menanya
·       ……………
·       ……………
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
·       ……………
·       ……………
Mengasosiasikan
·       ……………
·       ……………
Mengomunikasikan
·       ……………
·       ……………
Tugas

Observasi

Portofolio

Tes
…. mgg X jp








SILABUS SMA/ MA:………………………………………………….
Bila 1 (satu) Materi Pokok terdapat beberapa Kompetensi Dasar (KD) di Kompetensi Inti (KI) -3 yang linear dengan beberapa KD di KI-4
                                                                                                                                                                                          

Mata Pelajaran              : …………………………………………………………..
Kelas                            : …………
Kompetensi Inti
 KI 1: ...........................................................................................................
 KI 2 : ...........................................................................................................
 KI 3: ...........................................................................................................
 KI 4: ...........................................................................................................

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1. [sisipkan seluruh KD dari KI 1]





2. [sisipkan seluruh KD dari KI 2]
3.1     .................................
3.2    ..................................
dst
4.1    ..................................
4.2    ..................................
dst
JudulMateriPokok:
-          ……
-          ……..
Mengamati
·       ……………
·       ……………
Menanya
·       ……………
·       ……………
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
·       ……………
·       ……………
Mengasosiasikan
·       ……………
·       ……………
Mengomunikasikan
·       ……………
·       ……………
Tugas

Observasi

Portofolio

Tes
…. mgg X jp








5.      Pengisian Kolom Silabus
a.       Identitas mata pelajaran
Diisi dengan nama mata pelajaran. Untuk SMA ditambahkan dengan status mata pelajaran yaitu mata pelajaran wajib (untuk SMA/SMK) dan mata pelajaran Kelompok Peminatan

b.      Kompetensi Inti
Kompetensi Inti diisi dengan Kompetensi Inti yang sudah ditetapkan untuk masing-masing sekolah dan kelas

c.       Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar diisi dengan Kompetensi dasar yang telah dikembangkan
Terdiri atas KD-1 ditulis 1.1 , KD-2 ditulis 2.1, KD-3 ditulis 3.1, KD-4 ditulis 4.1
KD-3 dan KD-4 diisi yang memiliki materi sama selalu dituliskan berurutan dalam kotak untuk yang sama untuk satu materi pokok atau tema

KD-1 dan KD-2 berlaku untuk satu kelas

d.      Materi Pokok/Tema
Dalam kolom Materi Pokok dicantumkan nama/label materi pokok.
Nama/label materi pokok ditentukan pengembang silabus berdasarkan penamaan yang biasa di mata pelajaran tersebut seperti nama konsep atau peristiwa
Satu materi pokok dikembangkan dari satu atau lebih KD 3

e.       Pembelajaran
Kolom Pembelajaran merupakan rincian kegiatan belajar dari mengamati, menanya, mengumpulkan data/mengeksperimenkan/mengeksplorasikan, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan untuk setiap materi pokok atau tema.

Rincian kegiatan tersebut haruslah terkait dengan isi dari Materi Pokok tapi harus memberi kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lebih rinci dalam RPP.

Rincian Pembelajaran perlu memperhatikan kondisi sekolah dan guru di seluruh tanah air dengan keterbatasan yang mereka miliki dalam guru dan fasilitas
f.       Penilaian
Kolom penilaian diisi dengan rincian alat penilaian hasil belajar  yang akan digunakan sesuai dengan jenis materi hasil belajar  seperti fakta, konsep, prosedur, sikap, dan sebagainya.
Pengembang silabus perlu memikirkan alat penilaian hasil belajar mana yang paling sesuai untuk mendapatkan informasi yang sahih dari hasil belajar

Banyaknya instrumen penilaian yang digunakan ditentukan berdasarkan jenis materi hasil belajar dan kemudahan pengembangan alat penilaian hasil belajar

Setiap mata pelajaran dapat memilih dan menambah alat penilaian hasil belajar dari yang tercantum dalam kolom Penilaian

g.      Alokasi Waktu
Alokasi Waktu ditentukan berdasarkan pertimbangan mengenaibeban belajar yang diperlukan peserta didik untuk mempelajari isi dari suatu materi pokok. Dalam pertimbangan mengenai beban belajar perlu diperhatikan bahwa proses pembelajaran memerlukan waktu yang cukup bagi peserta didik untuk mencari dalam bentuk mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi (eksplorasi/eksperimen atau bentuk lain), mengolah informasi dalam bentuk mengasosiasikan data temuan dari kegiatan mengumpulkan informasi (baik dari kegiatan mengamati mau pun dari kegiatan mengumpulkan informasi), mengkomunikasikan hasil dari kegiatan mengasosiasi dalam bentuk tulisan, lisan, media lain. Kegiatan-kegiatan tersebut memerlukan waktu yang panjang dan masuk dalam pertimbangan ketika menentukan alokasi waktu
Kolom Alokasi waktu ditulis dengan jumlah minggu yang diperlukan untuk mempelajari isi materi pokok berdasarkan jam pelajaran yang tercantum dalam struktur kurikulum. Jam pelajaran tersebut adalah satuan yang tetap.
Bentuk penulisan 2 mg X 4 jp dan artinya materi pokok tersebut dirancang untuk dipelajari peserta didik selama 2 (dua) minggu dan setiap minggu 4 (empat) jam pelajaran. Alokasi waktu jam pelajaran efektif 35 s.d. 36 minggu per tahun.

h.      Sumber Belajar
Kolom sumber belajar memuat sumber yang minimal harus dipelajari peserta didik dan digunakan guru. Oleh karena itu dalam menentukan sumber belajar harus dipertimbangkan kondisi sekolah di seluruh tanah air. Buku pelajaran yang diterbitkan pemerintah adalah buku stadar yang harus digunakan, ditambah dengan sumber lain dalam berbagai jenis dan bentuk.

Tidak menuliskan judul dan nama penulis buku yang dikembangkan oleh Penerbit Swasta.


Sumber: infoberita.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar