Peterpan - Semua Tentang Kita by Umar At-Tipari

Minggu, 21 Oktober 2012

Berkurban Sekaligus Aqiqah, Biar Irit Boleh Ga Ya?

                  Hari Raya Idul Adha sudah tinggal menghitung hari, tepatnya tanggal 26 Oktober 2012, tapi lebih familiar dengan Hari Raya Qurban di kalangan masyarakat kita. Namun tahukah kamu dengan definisi Qurban itu? Bingung ya? Buat kamu yang belum tahu, ga da salahnya dech berbagi ilmu.

1.      Definisi dan Dasar Hukum Kurban.
       Qurban menurut bahasa berasal dari kata qaruba-yaqrabu-qurban, yang artinya dekat, mendekati.Sedangkan dalam tradisi Arab, hal ini dikenal dengan sebutan al-udhiyah, yang berarti :
ما يذبح من النعم تقر با إلى الله تعالى من يوم النحر إلى آخر أ يام التشر يق
Artinya : “Apa yang disembelih dari binatang ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. pada hari nahr (10 dzulhijjah) sampai pada akhir hari tasyriq (13 dzulhijjah).
Pada awalnya, berkurban dalam Islam merupakan syariat yang dibawa oleh Nabi Ibrahim ‘alaihis salam. Hal ini diterangkan dalam al-Qur’an ;
وَفَدَيْنَاهُ بِذِبْحٍ عَظِيمٍ {الصفات : 107}
Artinya : “dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (QS. Ash-Shaffat : 107)
Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan kepada nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk meneruskan syari’at tersebut setiap ‘idul adha. Dan pelaksanaan qurban ini disyariatkan pada tahun kedua hijriyah, bersamaan dengan disyariatkannya zakat dengan shalat ‘idul fitri dan ‘idul adha, sebagaimana Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :
فَصَلِّ لِرَ بِّكَ وَانْحَرْ {الكوثر  : 2}
Artinya : “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” (QS. Al-Kautsar : 2)

            Lalu bagaimana dengan Aqiqah itu sendiri? Bolehkah Aqiqah sekaligus berqurban? Sebelumnya mari kita telaah definisi dari Aqiqah itu sendiri.
Secara etimologi, kata ‘aqiqah adalah :
اسم للشعر الذى على رأْس المولود
Artinya : “sebuah istilah untuk rambut kepala bayi yang baru lahir.
Sedangkan secara terminologi, kata ‘aqiqah adalah :
اسم لما يذبح فى اليوم السابع يوم حلق رأسه تسمية لها باسم مايقارنها
Artinya : “menyembelih hewan pada hari ketujuh kelahiran anak, kemudian dicukur dan diberi nama.
Dalam kitab Mukhtar al-Shihhah sebagaimana yang dikutip oleh Said Sabiq disebutkan, bahwa yang dimaksud dengan ‘aqiqah adalah :
العقيقة بالكسر الشعر الذى يولد عليه كل مولود من الناس والبهائم ومنه سميت الشاة التى تذبح عن المولود يوم أسبوعه
Artinya : “’Aqiqah adalah memotong rambut makhluk yang baru dilahirkan, berupa manusia dengan (menyembelih) binatang yang kemudian dinamai pula dari padanya binatang yang disembelih yakni domba untuk anak yang baru lahir pada hari keseminggunya.
Dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan definisi-definisi di atas adalah, binatang yang disembelih dalam rangka menyambut anak yang baru dilahirkan. Dinamai dengan ‘aqiqah, karena binatang tersebut dipotong tenggorokannya pada waktu disembelih. Hal ini dilaksanakan berdasarkan hadits dari Samurah bin Jundub yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda :
عَنْ قَتَادَةَ عَنِ الْحَسَنِ عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى {رواه أبوداود}
Artinya : “Dari Qatadah dari Hasan dari Samurah bin Jundab, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; Setiap anak yang lahir itu tergadai (terpelihara) dengan aqiqahnya, yang disembelih untuknya pada hari ketujuh, ia dicukur rambutnya dan diberi nama.

          Jadi menurut penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa tidak boleh menggabungkan kedua niat tersebut dalam satu sembelihan, karena secara zhahir nash kedua ibadah ini dibedakan oleh Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri dengan mengelompokkan hewan-hewan kurban dan mengkhususkan untuk ibadah ‘aqiqah dengan hanya menyebutkan hewan kambing dan sekaligus ia praktekkan ketika mengaqiqah cucunya Hasan dan Husen.
ALHAMDULILLAH jadi tambah pengetahuan nich
Kalo munurut versi kalian bagaimana?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar