Peterpan - Semua Tentang Kita by Umar At-Tipari

Kamis, 25 Oktober 2012

Perlu Dipupuk Kesadaran Saling Berbagi


Terkait denga merosotnya kualitas SDM di negeri ini, salah satunya adalah pendidikan yang tidak memadai unutuk semua orang. Susahnya, mayoritas penduduk di negeri ini adalah orang miskin sehingga sulit emndspstkan pendidikan yang berkualitas. Orang-orang miskin hanya mendapatkan kesempatan belajar di sekolah-sekolah kelas dua dan tidak mapu mengikuti pendidikan di sekolah-sekolah kelas favorit sebab mereka tidak mampu dalam hal pembiayaan. Kondisi ekonomi yang rendah, apalagi sejak resesi ekonomi yang menyebabkan banyak orang yang terkena PHK, semakin mempersulit posisi dan meyebabkan orang miskin semakin miskin. Hal tersebut berarti mempersulit kesempatan masyarat miskin untuk mengikuti proses pendidikan.
Orang miskin harus dibantu. Orang miskin harus diberi kesempatan untuk mengikuti proses pendiikan dan pembelajaran. Kita tidak boleh membiarkan mereka terjerumus dalam lubang kebodohan hanya karena ketidakmampuan membiayai proses pendidikan yang memadai. Untuk itulah, sikap dasar kehidupan asli bangsa harus ditumbuh kembangkan sebagai sikap hidup keseharian. Sikap dasar tersebut adalah sikap  saling peduli dan saling membantu untuk saudara-saudaranya yang mengalami kesulitan hidup, termasuk dalam ini adalah kesulitan ekonomi untuk pembiayaan pendidikan.
Orang miskin harus sekolah. Kalimat itu adalah salah satu konsep terbaik untuk meningkatkan kualitas SDM negeri dan bangsa ini. Jika tidak, selamanya bangsa ini akan menjadi bangsa kelas dua sebab tenaga kerjanya hanya sebatas pkerja kasar dan tidak memegang peranan penting dalam pekerjaan. Bahkan, hal ini sudah kita alami bahwa di negeri sendiri SDM-nya sama sekali terkalahkan oleh bangsa lain, apalagi jika perusahaan tersebut berkongsi dengan Negara lain, dengan memberikan kesempatan yang sama dalam pendidikan kepada semua orang, termasuk orang miskin, secara menyeluruh tenaga kerja kita adalah orang-orang dengan kompetenasi keahlian yang patut diperhitungkan dalam kancah pergaulan antar-bangsa di dunia ini.negara dan bangsa akan menjadi kuat posisinya dalam pergaulan internasional sebab masyarakat berkualitas. Kualitas yang tinggi tersebut diperoleh dari proses pendidikan berkualitas untuk seluruh lapisan masyarakat.      


2 komentar:

  1. menurut anda pa yg hrs d lakukan generasi muda tuck memperbaiki pendidikan, sedangkan qta tau sendiri, generasi skrng mlh lbh brutal or suka boloz2.n n ...???

    BalasHapus
  2. sebelumnya makasih ya is buat koment'y . . .
    untuk masalah itu . . kita perlu menganalisis lebih lajut, kenapa pelajar itu bisa bersikap tersebut?? bisa di latar belakangi dari keluarga dan lingkungan.
    kita mulai dari kita dulu . .dari hal terkecil . .
    kemudian kita mengajak orang disekitar kita . .untuk melakukan hal-hal positif . .

    BalasHapus