Peterpan - Semua Tentang Kita by Umar At-Tipari

Selasa, 23 Oktober 2012

Pemberdayaan Potensi Masyarakat


Masalah kesempatan belajar memang selama ini menjadi semacam kendala bagi orang-orang miskin. Mereka seakan dihadapkan pada sebuah dinding tembok yang sedemikian tebal dan tinggi sehingga tidak mungkin melewatinya, apalagi menembusnya. Pendidikan merupakan hal yang mahal bagi orang-orang miskin. Untuk dapat mengikuti proses pendidikan bagi orang-orang. Untuk dapat mengikuti proses pendidikan bagi orang-orang miskin, bagaikan memasukkan benang basah ke dalam lubang jarum. Mereka begitu kesulitan saat harus berusaha memenuhi tugas dan kewajiban tersebut.
Kondisi kehidupan masyarakat kita memang masih jauh dari kemakmuran walaupun sejak dahulu program pengentasan kemiskinan telah menjadi program utama setiap orde kepemimpinan negeri ini. Bahkan, seprti kita ketahui bersama, setiap kali masa kampanye berlangsung, setiap calon yang mengikuti proses pencitraan diri selalu membawa isu pendidikan sebagai kendaraannya. Mereka terus berjanji dan berjanji agar dapat menikmati hati masyarakat dan selanjutnya memungut suara untuk posisinya dalm pemerintah. 
Oleh karena itulah, kita perlu membangkitkan potensi yang ada di masyarakat sehingga secara sinergis peningkatan kualitas dan kesempatan mendapatkan pendidikan merata ke seluruh lapisan masyarakat. Kita yakin bahwa masyarakat kita mempunyai potensi yang sangat besar untuk memberikan atau menciptakan kesempatan pemerataan pendidikan. Potensi inilah yang sebenarnya merupakan kemampuan tersembunyi yang jika kita bangkitkan. Dengan potensi inilah kesempatan belajar dapat merata ke seluruh lapisan masyarakat. Untuk itulah, kita harus benar-benar mampu membangkitkan potensi tersebut secara efektif.
Kita memang harus memberdayakan potensi masyarakat sebab masyarakat merupakan induk dan tempat kegiatan kita.  Masyarakat yang sebenarnya menjadikan kita melakukan berbagai kegiatan, termasuk kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Kita melaksanakan proses pendidikan karena kita ingin menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya, tidak kesulitan sebab kita mempunyai kompetensi sesuai dengan tuntutan kehidupan masyarakat. Begitu juga, jika orang-orang miskin mempunyai kesempatan yang sama dalam menempuh dan mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran, berarti mereka mempunyai kesempatan yang sama dalam peningkatan kualitas hidup di masyarakat.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar