Peterpan - Semua Tentang Kita by Umar At-Tipari

Jumat, 26 Oktober 2012

Hakekat Perkembangan


Setiap makhluk hidup pasti mengalami peristiwa perkembangan selama hidupnya. Perkembangan ini meliputi seluruh bagian dengan keadaan yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup, baik yang bersifat konkret maupaun yang bersifat abstrak. Jadi arti peristiwa perkembangan manusia, tidak hanya tertuju pada aspek psikologis saja, tetapi juga aspek biologis (Ahmad Susanto, 2011:19 ).
Menurut Yusuf Syamsu, perkembangan adalah perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya (maturation) yang berlangsung secara sistematis , progesif dan berkesinambungan, baik menyangkut fisik  maupun psikis (Yusuf Syamsu, 2001: 15).
Adapun menurut Oemar Hamalik, perkembangan merujuk kepada perubahan yang progresif dalam organisme bukan saja perubahan dalam segi fisik (jasmaniah) melainkan juga dalam segi fungsi, misalnya kekuatan dan koordinasi (Ahmad Susanto, 2011: 19).
Perkembangan merupakan suatu perubahan, dan perubahan ini tidak bersifat kuantitatif, melainkan kualitatif. Perkembangan tidak ditekankan pada segi material, melainkan pada segi fungsional.  
Dengan demikian, kita dapat mengartikan bahwa perkembangan merupakan perubahan yang bersifat kualitatif dari pada fungsi-fungsi. Dikatakan sebagai perubahan fungsi-fungsi ini, karena perubahan ini disebabkan oleh adanya proses pertumbuhan material yang memungkinkan adanya fungsi itu, dan di samping itu disebabkan oleh perubahan–perubahan tingkah laku.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar